Skip to content

Bermain Rubik

Mei 11, 2009

Rubiks Cube, adalah permainan lama yang hingga kini masih tetap menjadi mainan otak jaman sekarang. Bukan hanya anak kecil. Orang dewasapun sangat jarang yang bisa menyelesaikan. Rubiks Cube, yang paling umum dijual di pasaran adalah Rubiks Cube 3 x 3 x 3. Warna standard dari rubic tersebut adalah Merah, Kuning, Hijau, Putih, Biru, Orange. Memang sepintas Rubiks Cube seperti akan sangat rumit diselesaikan. Karena menyelesaikan sisi satu, akan selalu mengubah sisi yang lainnya.

Pertanyaannya, dapatkah rubic diselesaikan?

Ya, Rubiks Cube dapat diselesaikan bahkan dalam waktu sangat cepat. Rekor saya (penulis) adalah 49 detik bersaing dengan teman satu kost yang saat itu memenangkan dengan waktu masih kepala 3. Bagi penulis, rubiks cube termasuk permainan favorit yang tidak menjemukan bahkan akan dibawa kemanapun. Jika orang lain dalam keadaan nganggur memilih otak atik HP, maka penulis lebih menyukai otak atik rubik ini dibuat berbagai macam Variasi. Penulis belum mencoba menyelesaikan rubik versi hexagonal maupun kubus 4 x 4. 2 x 2 pernah diselesaikan juga. Cukup lucu yang 2 x 2 ini. Cukup kecil namun bisa membuat jengkel. Hanya saja 2 x 2 tidak banyak didapatkan di pasaran.

Bagaimanakah kunci bermain rubik yang benar?

Bermain rubik akan menjadi susah apabila kita:

  1. berpikiran dengan mengandalkan sisi
  2. tidak berani mengeksplorasi kemungkinan, karena dipandang akan merusak yang sudah ada
  3. berpikiran bahwa rubik tidak dapat diselesaikan.. You can because you can thing you can

Ya, ternyata masih ada beberapa saudara yang belum terima bahwa rubiks itu bisa diselesaikan.. hehehe
Lantas harus bagaimanakah?

  1. mengganti pola pikir sisi dengan pola pikir Lapis. Jika berpikiran sisi terdapat 6 sisi yang akan saling merusak. Jika berpikiran lapis hanya ada 3 lapis yang yang bisa disiapkan cara tertentu supaya tidak merusak.
  2. Explorasi segala kemungkinan. Berani mencoba..

Secara praktiknya, bermain rubiks cube memang memerlukan sedikit memori untuk mengingat posisi dan juga langkah operasi yang akurat. Saya telah membuktikan, bermain rubiks setiap pagi sehabis bangun tidur atau sholat subuh, membuat kita lebih cepat “bangun” dalam hari itu, alias tidak aras-arasen orang jawa bilang.

Harga Rubik

Rubik banyak ditemui di tempat-tempat penjualan mainan hanya saja, belakangan terlalu banyak toko yang mulai tidak mnejual rubiks ini, karena dianggap mainan kuno. Justru kalau pun ada, rubik terjual dengan sudah tertempelkan gambar Naruto dan lain lainnya yang dari kertas, sehingga dengan mudah kertas tersebut aus. Begitupula dengan Puzzle 15 karakter yang dulu pernah muncul, sekarang hanya muncul dalam bentuk software. (Saya ingat untuk puzzle ini saya pernah membuat record di SD saya dengan waktu 14 detik). Harga rubik versi mainan berkisar antara 8000 rupiah – 10000 rupiah.
Rubik asli saya dapatkan informasi dari internet, bisa berharga 10 dollar keatas untuk 3x3x3

Trick

Tidak  sedikit trick-trick yang bisa ditemukan di Internet terkait dengan Rubiks Cube ini. Banyak cara menuju Roma, namun jembatan keledai manakah yang akan kita pakai? Trick apapun tidak akan berguna jika kita tidak menguasai posisi bangunruang dari rubiks tersebut. Untuk trick, dapat saya upload setelah saya melakukan foto rubiks hasil pekerjaan saya.. Dengan demikian, posting ini dinyatakan: bersambung

Edited at 17 Desember 2009.. Telah dituliskan

http://bimosaurus.wordpress.com/2009/12/17/bagaimana-rubik-layer-1/

About these ads

From → Tak Berkategori

181 Komentar
  1. please dong kasih tau cara menyelesaikan rubik’s cub! saya udah nyoba download pdf ersi english tapi pusing banget, susah! (lagkahnya bukan bacanya!)
    kalo bisa kasih tau juga susungn dasar untuk memulai ermainan ini!

    • siap mas.. ntar lanjut ke lapis ke dua… :D nanti saya notify deh

      • Djati permalink

        iya mas susah bngt maen na tlong ajarin yah,,, btw kpn notify na

  2. Ho oh bener,udah jarang d toko..ana dapetny yg tempelan kertas ada angkanya.dan waw,susah pake bangeet..minta trikny dongdongdong :o
    thx

  3. ROZI permalink

    mana sabungannya pliz..

  4. D chelski permalink

    iya mas mana lanjutannya…di tunggu loh :D

    • rubik permalink

      ia ksh tau dong trick x biar tdk pusing main x

  5. cepet donk kasih tau triknya………..

  6. Wktu itu bli 30.000..
    Bgus g da gmbr.a
    tp Ane ga bisa2 nih..

    Kira2 Ade rubik generator g ?
    Kalu da kasi link.a y bos..

    • Pertama lu mikir
      Bikin Cross
      Samain 1 layer
      masukin warna cross di corner dgn warna sebelahnya. trus bikin 2 layer . bikin atap full , bikin Final Step He….

    • oh ya rubik jeneratur itu ada di mukalo

      • kamu harus punya buku jago main rubik kalo lo baca pasti dalam 1 detik saja langsung jadi master

  7. Bonnel Luqman permalink

    saya sudah bisa menyelesaikan rubik,waktu tercepat hanya 3 menit dan 33 detik, terlalu lama jika di bandingkan dengan mas bimo..
    teknik yang saya gunakan mmungkin yang paling mudah, saya menyusunnya bukan persisi tapii perbaris…

    pertanyaannya, adakah cara yang lebih cepat daripada cara yang saya gunakan??
    mohon jawabannya..
    terimakasih

    • Hendrik permalink

      kasih tau cara detailnya dong mas, soalnya saya sama sekali gak bisa nih…
      Thaks ya sebelumnya.

      • bonnel luqman permalink

        maaf mas saya bru bls, saya blajar dari video di you tube, mreka sangat detail memberi instruksi nya, bakalan langsung bisa ko mas..

  8. ustaniaa permalink

    bagaimana c,cara bermain bagi yang pemula
    heehehh

  9. belinya dimana ya kalo di daerah malang ada yang tau gak neh…

  10. grebii permalink

    gw bisa dong maen rubiq, tp pling males kalo rubiq nya rubiq yang gocengan !! gampang rusak !! gw baru beli bru dmaenin 3 jam uda potong tngahnya.. swt..
    oia, biar cpet gmana c caranya ??
    tmne gw ampe bisa 39 detik ??
    gw mah bisanya nyeleseinya 8 menit..
    hahaha.. cupu,,,..

  11. p.cik din permalink

    x faham rrrrrrrrrrrrrrrr

  12. shy girl permalink

    pliis kasih taw crx masa’saya kalah ma adek q umur 4 thn…

  13. roycerdas permalink

    rubik 3×3 banyak di toko mainan anak. harga 5000. cuma kurang enak diputernya. suka nyangkut. maklum produk murah. bos, saya baru bisa layer ke satu nih. mana dong prinsip dasar bermain rubik yg benernya????

  14. per tanggal 10 Oct 09, apa udah ada sambungannya Mas??
    makasih

  15. Cpetan sambungannya Bang!…penasaran!!

  16. tolong ajarin langka pertama- akir nya…saya sudah berusaha tapi belum jadi jadi juga…pleaseee help me

  17. Halo, yang mau panduan solving rubik’s cube ada disini :

    http://neutralblogger.blogspot.com/2009/09/rubiks-cube.html

  18. dede' iya' permalink

    cepetannnnnn…………..
    kasih tw triknyaaaa….
    gw dh bli rubik neeh:)
    penasaran abizzz”””””

  19. novi permalink

    kasi tau triknya dongg penasaan neeh , pleaseeee :)

  20. gayuh permalink

    waahhhh….. gw masih bingung…. susah.. cuma bisa nyelesaiin 2 sisi doank….

  21. wahyu permalink

    wah…
    rubik gw dah ancur banget,,
    w cuma bisa balikin 1 sisi doang!!!
    di tunggu trick’a…

  22. boss…..
    saya pemain baru ni…
    tolong saya…
    minta tutorial or tips n trick buwat rubik ini…
    klo ada saya minta link or klo ada saran saya tinggal d bandung..
    klo d bandung kira2 tempat belix dmn???

    thanks..

  23. gampang klo kalian tau caranya, klo menurut saya bermain rubik tidak butuh logika yang hebat atau kecerdasaan yang tinggi, hanya menghafalkan langah argoritma nya(dengan beberapa kemungkinan) dari sana kalian baru bisa mengembangkan ritme kalian sendiri saya sendiri baru pemula, dan menurut saya teknik paling mudah untuk pemula yaitu layer by layer klo mau tau caranya buka deh dijamin langsung bisa situs indonesia kok http://www.virkill.com/

  24. pemu123 permalink

    mantep dah , saya mw coba tuh web yg di atas

  25. kasih tau cara mudahnya dong

  26. mau tanding sama saya g mas?

    saya pengen bljar trick dari mas . agar nabah wawasan main rubik.

    ditunggu

  27. Vix permalink

    yah !
    saya cuma bisa 1 sisi doank. .

    rubiq gw sih bagus yg 30 rb’an lancar pula . .
    tapi susah jadiin smua, klo mw jadiin sisi yg ke 2 pasti yg udah jadi ancur lagi

  28. eka permalink

    wuih sy br beli pengen coba, brasa mudah taunya suseh….
    minta donk tipsnya

  29. nidan permalink

    buruan yah dilanjutnya…thanks

  30. Rustiana Bela Diinnusa permalink

    Eh GymNa ciEh TriknYa uDah kuCoBa maSih BeLum Bisa suLit Banget… AjarInt donk Aqw pengEnt Banget teu bIsa Maen rubik……

  31. Dika permalink

    Mas gmn donk cara nyelesain rubik ag masih bingung.

  32. Dika permalink

    Mas gmn donk cara nyelesain rubik ag masih bingung.kasih donk mas rumus2nya.

  33. tama permalink

    bang blh mnta trik maennya ea??? uda sebulan ni g bsa2,klo 1 sisi aja bs tp klo smuanya susah bgt.
    tlg bagi triknya ea bang.tlg krim lwt email ya,,plizz bgt
    makasih,,,

  34. sad permalink

    gw bisa selesaiin rubick loh tapi ribet kalo blajar butuh 3 hari
    dengan tahap:
    1 sisi
    lantai 1
    lantai 2
    lantai 3
    atap
    lantai 3 berantakan
    finishing

    lantai 1:
    buat apa yang menjadi landasan pondasi lo
    misal:hitam

    lo bwt tanda salib di kuning
    terus cocoki lalu putr 180 derajat ke arah hitam

    terus gw mw off nich capek ngetik

  35. nabila permalink

    gimana sih cara mainnya rubik’s ?
    kasih tau dong caranya…
    masa aku klh sih sma saudaraku dia bisa sampe 14 detik aja udah bisa,aku bisanya setengah jam krn blm tau caranya..
    tlg kasih tau dong cara mainin rubik’s nya ,
    please,kasih tau dong…..

  36. hitler permalink

    goblog siah,ngabacot6 we ari mere nyao hente,anjing dasar,kuaing di podaran siah………………………………………………………………………………………………………………..xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx…………………..dddddddddddddddddddddddddddddd————–vc

  37. Nadia permalink

    Halo, rekan netter….

    Dinosaurus eh Bimosaurus dia ini sengaja menipu kita supaya kita berkunjung ke situs ini,kalau dia tau mengapa harus bersambung segala.
    Simaklah setiap kata yang ada di atas,secuil rumuspun ga ada yang ada cuma cerita Blaaa.blaa.laaa…. He..he..he..gw juga bisa.
    kalau hanya cerita boong.
    saudara Bimo saya sarankan janganlah membodohi\menipu kita sesama neeter.Kalau mau cari uang jangan begini donk caranya ok.

    peace Bro.

  38. Terimakasih pada seluruh masukan rekan-rekan terutama yang sifatnya kritik

    Kesalahan saya adalah, terburu-buru membuat posting ini.

    mengapa? Karena sebetulnya saya sedang MEMBUAT METODE Visualisasi yang paling mudah untuk dapat dilihat dan diterapkan sebagai bahan masukan rekan-rekan..

    Semoga rekan-rekan juga mengetahui bahwasanya saya juga bukan orang yang jago dalam hal seni sehingga tidak begitu mudah menuangkan apa yang ada di kepala ini menjadi sebuah VISUALISASI apalagi DEMO flash yang sedang saya usahakan buat ini.

    Ditambah lagi dengan sistem operasi Slackware Linux yang memang pada dasarnya tidak digunakan oleh manusia untuk keperluan seni dan desain, hal ini cukup susah. Alhamdulillah sya telah membuat visualisasi gambar yang cukup panjang dengan progress 75%. Jika saya menuliskan posting ini adalah suatu kesalahan, saya juga tidak akan menghapusnya sama sekali. Dan saya akan menggantinya dengan visualisasi yang benar benar bisa dipahami..

    Oleh karena itu saya minta maaf atas posting ini, dan siapa yang memerlukan bantuan secara langsung silakan hubungi saya via YM, Gmail, atau Multiply dengan ID : bimosaurus. Bahkan bagi siapa yang akan mendatangi saya, saya persilakan langsung PV saya , akan saya ajak tukar no HP dan selanjutnya kita bisa sama sama sharing mengenai rubic ini. Saya siap membantu..

  39. Nadia permalink

    Nah gitu donk bro.. harusnya kalo masih “bersambung” lebih baik jangan di postingin dulu ,jadi kaya sinetron yang kaga ada abisnya dari sesion1 sampai sesion …..kaga tau deh. jadi topik ini kalau dah diulas sampe abis kita jadi dapet ilmu sampean dapet pahala amin. eit ikut program pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa juga loh He..he..
    good luck.

  40. Hanny E Putra permalink

    i know how to play rubik’s,but i don’t have finished play rubik’s!
    i’m smart play musik,math,english etc,but i’m so stupid play rubik’s.rubik’s is so hard!

    • Rere Susanto permalink

      hihihi….
      han… sia2 y kamu cari di google n youtube,tp nda ad hasilne,buang2 waktu azaa!!!….
      tau gini mah aku lgsng cabut aza deh,cewe kamu jg dari td nungguin kamu tuh!
      tp akhirnya aku kan yg menang,aku berhasil selesai duluan dr kamu!
      tepati janjimu han!!!…hehehe….udah ku duga I’M SMART THAN U

  41. Hanny E Putra permalink

    iya…iya adikku yang makin keren,ta tepatin janjiku yg kmrn!
    Gbu…..

    • Rere Susanto permalink

      hihihi…..
      BTW,bsk aku mampir ke tmpt kao bekerja!
      sukses di BRUNEI yaaa…..
      Gbu too !!!

      • Rere Susanto permalink

        re…
        jgn disini chatting-nya!
        kamu kira iki tuh tmpt chatting(FB)?
        ta sms aza ya,ga enak re kalo dobaca sm orng lain!
        no.mu msh aktf kan?
        kita main pake sms aza,hari in aku ksh pls k kamu!ganti pls kmrn…thks
        Jbu tooo…….

      • Hanny E Putra permalink

        re…
        jgn disini chatting-nya!
        kamu kira iki tuh tmpt chatting(FB)?
        ta sms aza ya,ga enak re kalo dobaca sm orng lain!
        no.mu msh aktf kan?
        kita main pake sms aza,hari in aku ksh pls k kamu!ganti pls kmrn…thks
        Jbu tooo…….

      • Hanny E Putra permalink

        re….
        jan disini klo mau chatting,kamu pikir iki tuh buat chatting fb?
        ga enak re kalo di baca sm orng lain!
        nanti ta sms aza deh!
        no. km msh aktf kan re?soalnya aku mau kash km pls.ik ta kirimin pls gantinya kmrn!
        lanjutkan lewat sms ya!
        dada rere….
        Jbu tooooooo……….

  42. Rere Susanto permalink

    msh aktf ko!!!…
    thks
    Jbu to

  43. hahahah permalink

    kamu masih kalah dengan saya sdaya bisa 31 detik

    • kalau cepet-cepetan bikin visualisasi gimana :D kalau saya sih memang lambat

    • maksudnya visualisasi untuk pembelajaran, entah bentuk flash atau apa lah.. yang bisa membuat teman teman segera dapat tahu juga.. sebenarnya berbagai macam jurus Rubic itu lebih banyak ke hapalan dan letak fungsi. Namun hanya 5 persen orang yang bisa menyelesaikan Rubic itu dapat memahami secara algorithma yang bisa mengetahui langkah terpanjang dan terpendek untuk membentuk suatu hasil.
      Jujur saya bukan orang pandai yang memang belajar rubic tidak dalam waktu cepat. Sekarang yang paling dibutuhkan adalah bagaimana teman teman kita ini juga segera bisa..

  44. aduh maas..
    susah bner ni maen rubik..
    raaawr..
    baru bli, udah bngung maennya,
    cma bsa 1 sisi.. :(

    • Begitu doang susah . aku aja yang muda udah bisa . malahan 40 detik coy . anda harus belajar lebih konsentrasi . kontrollah pikiran anda supaya anda bisa memainkan rubik secara sempurna ***

  45. ririn permalink

    saya udah bisa menyelesaikan rubik 3×3 tapi ga bisa cepat.
    paling cepat 1 menit 23 detik
    cara cepat nya bagaimana ??

  46. DANEJOK permalink

    DANCOK LE….EEEEEE!!!

  47. heroe permalink

    jiahhh… kirain mau dikasi tau caranya….
    ckkkckckckckkkk

  48. raygon permalink

    bro trus kan smangat mu
    tulis trus sampe abis,,,
    tapi… bagi jadi 4 or 3 jangan banyak2

  49. Chu…Chu…Chu .Mana caranya bermain rubik . masa ceritanya langsung bersambung . Tulis dong yang banyak sampai saya faham .baru anda berhenti

  50. kagak jelas ya … maksudnya tu anda tulis lagi tata cara bermain rubik . baru anda berhenti menulis .capek kan coyyyyyyyyyy………….

  51. Criztiano David Sosoengcar permalink

    Carane…………….cross i……….pye to………q bingung…………

  52. iiichhh pengen bisa….gmana caranya???

    kirimin donk….
    caranya okeoke…..

    thanks…

  53. drummerfan permalink

    udah banyak kan rubik 2×2 di pasaran :)
    bahkan 7×7

  54. para penggemar rubik ……. tolong kasih buku panduan nya cara bermain rubik ya ke facebookq alamatnya : angga putra…..

    abisnya aku gak tau caranya buat croos putih….

  55. Inun permalink

    kolo beli yang asli di balikpapan dimana ?

    aku beli yg 175 rbu muterx tetap susah beli dimana kasih tau dong

  56. beko permalink

    maen rubik gampang banget kali!!!

  57. beko permalink

    caranya F2L , OLL ,PLL jadi tuh rubik

    • vallen permalink

      yaaaahhh lw br getu udh sombong!

      tp itu ape mksd nya ?

    • AMore permalink

      bang nyelesain nya dari satu arah apa dari 4 arah????gua bingung tolong plisssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

  58. sekedar mampir atau backlink ke http://drummerfan.wordpress.com
    ada artikel tentang rubik juga disana :)
    thanx

    • putripontororing sumampauw permalink

      kk gmna klo nyelesain rubik?

  59. rafif permalink

    mas main rubik gimana to aku bingun

  60. susah ga ngerti

  61. AMore permalink

    cara yang bener tuh nyelesain dari satu arah apah 4 arah ????

  62. IlluMilluKilluAlluKalluto permalink

    Bisa nyelesaiin kurang dr 1 menit??Rekor yang pernah kubaca artikelnya skitar 10 detikan, yg tutup mata skitar 30 detik…Yg bikin heran,pdhl banyak bgt kmungkinan tp bisa tau arah putarnya…Aq aja skitar 3menit dah termasuk cpt,apa gara2 seret ya…Kalo arahnya udah hapal sampe bosen diutak-atik kyk apa juga bisa selesai,ga tau ya klo tutup mata …

    • putripontororing sumampauw permalink

      kk gmna cra nyelesain rubik yg sdh sancur?

  63. IlluMilluKilluAlluKalluto permalink

    Oya klo carnya banyak bgt artikelnya,coba aja cari…Klo dah punya trus nyoba tp tetep ga bisa,aq punya cara cuma satu langkah tgantung keadaan…keadaan ptama, ada bensin ama korek tinggal di “JRES” dah slesai…keadaan kedua ada tong sampah atw buang aja keblakang rumahku…

  64. aida permalink

    duhhhhhhhhhhhhhhhhh ttpep bingung nihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    :p

  65. rubik doang sih gampang tapi kalo satu warna kalo semua warna bingung

  66. putripontororing sumampauw permalink

    sy

  67. putripontororing sumampauw permalink

    gmana to cra nyelesain rubik
    aku stg menyesal krn rubik?
    siapa yg mau bantuin?

  68. suwondo permalink

    memang bnr main rubik membuat poesing…aku ja bsanya cma 1 sisi….kalau mau bikin sisi yang lainnya gmna sih agar tak merusak sisi yang sdah jadi……??

  69. thomas n rendy permalink

    alahc.lahc…
    coro’e manaw ??
    saya sdah bisa tapi pengen yang cara cepad..

  70. bmain rubik doang mah gampang 30 dtik ja dah jadi

  71. hehehehehehehe______________3:)

  72. dhanie khoerniawan permalink

    mass gmna cii klo ddah jd dua lantai twuh pake rumus appp…..blz eeaaa..

  73. olivia permalink

    yah………..
    msa gk di lnjutin cih cra maen rubik na kn gw jga mo bsa???????????

  74. OKRI permalink

    kok cma sgitu do’ang cih, injutn donk!!!!!!!!!!

  75. Dhede permalink

    cari aj d youtube..

    • hah cari di youtub????????????????????????????????????????????emang ada ya?????????????????

  76. kok cmand sgennee…??
    rumus.a Mnaa…???

  77. masandy permalink

    kok g ad trick nya, ,
    wah g membantu !!

  78. plizzzzzzzzzzzzzzzzz kasih tau donk cara menelesaikan rubik nya plissssssssssssssss ayo donkk……………………..

  79. halid permalink

    kasih tau dong mas triknya.

    trus smbungan kllo bisa yg cpet mas.

    kasih tau ja clue nya sdikit. ntar juga bisa.

    saya bisa mas cman waktu tercepT saya cuman 1 menit 46 detik.

  80. aku baru bisa satu sisi aja nih,, gmn ya caranya supaya bisa cepat ..
    please sand back,,
    thx before :)

  81. kk aku harus tau gimana caranya soalnya ayah ku bilang kalo bisa menyelesaikan rubik berarti di genius sekali lama maupun cepat plisss ajarkan saya

  82. david permalink

    You can because you can thing you can…it’s wright!!

  83. Faisal permalink

    aduh, udah beli rubik cube mahal-mahal tapi gk bisa maininnya. kak tolong ajain aku cara mainnya dong! mohon di balas yuaaa!

  84. Bunga permalink

    kk gmn sich cra nyelesain rubik klo satu warna gampang bgt gk da satu menit dah selesai tapi klo semua warna gk bsa cuma bsa lantai satu aja plisssss kasih tau lantai 2&3 ya……. plesssssss (klo bsa kasih tau ke fb ku ja ) hhhhhhhhhhh…….hhhh……..hhhh….

  85. aduh gmn sih cara jadiin semua warna lagi??saya dah cari2 tapinya ga ada bingung jadinya pleace kasih tau!!!o.O

  86. iind permalink

    ajarin pada yang belum bisaa dong..(termasuk saya)

  87. arvie permalink

    susah bgt…nyeleseinnya dah sebulan ga slese2….kt org2 bs ngilangin stress..

    ternyata malah bkin stres..

  88. doni el nino permalink

    bermain rubiks memang gampang, sekarang yg jadi permasalahannya adalah waktu, bagaimana kita meminim waktu agar cepat selesai??

  89. tolong kasih tw trik untuk solving 2×2 dung mas,,
    ^_^

  90. tLong aJarin cara cepet wat nyeLesain’a Donk….pLease….

    penasaran bgt soal na….xkLian sambungan na ea mas…..

  91. ada yang mau ngga rubik 25rb sangat gampang di puter looh,berwarna lagi pokoknya oke punya………..

  92. aku cah ndeso permalink

    den,carane udh jd blm

  93. wawane permalink

    saya di beri foto copi cara bermain rubik sma adik saya.itu dapatnya download dari internet sy 1.5 menit selesai adik sy sami sekarang gak bisa .sbtulnya gampang banget langkah pertama sampai finis itu langkah pasti.yang penting klo rubik posisi begini pasti langkahnya begini dan itu sampai selesai sya sdh ratusan kali mencoba dan sampai saat ini msh senang

  94. sasa permalink

    gue di ajarin pke cra kgx bisa2

  95. bisngung nih kalau main permainan ini

  96. loh kok ga da lanjutannya?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  97. rifka permalink

    gi mana trik main rubik biar semua bisa sama ya ???
    makasih…..

  98. ea gimana cih cara nya klo bssa nyelesain rubik dengan waktu ygst cepat…. ????
    saya minta balasan nya !!!!

  99. ety permalink

    bngung nih….. ampun susah bangat……. gmana selskan jika tinggal 3 sisi yang blm jadi….?????? makash…..

  100. bagaimana kuci rubik’s pleasss

  101. andi ferdiansyah permalink

    tolong donk kasih tau cara mnyelesaikan rubik dengan waktu cepat cooooookkkkkkk

  102. andi ferdiansyah permalink

    jancoooooook………..!!!!!!!!!!!!!!!!!

  103. Tyan permalink

    minta kuncinya doooonk. please..!!!
    plus gambarny ya..!!! thx B4
    klu bsa emailin ya…ya…ya…

  104. apasih kunci rubik?????????????????

    • christabel permalink

      kuncinya adalah kecepatan jari(jika bisa fingertrick)dan kecepatan memprediksi dan melihat warnanya

  105. bagi mana menyelesikan kunci rubik???????????????

  106. YUDI permalink

    IYA SUSAH MAIN NYA

  107. Culun permalink

    Hai teman-teman, setelah sebulan berpikir keras, ternyata saya sudah menemukan caranya, ternyata bermain rubik tidak sesukar yang dibayangkan, bahkan kita bisa menyelesaikan dalam waktu kurang dari 1 menit. Caranya mudah sekali, kamu tinggal bawa uang yang pas langsung beli rubik baru di toko terdekat. Beres kan…… hehehehe (stress ni, gara-gara rubiks….hikz…)

  108. rozan permalink

    ok….. siap/////

  109. dikal permalink

    saya udahh sampe kelapisan kedua,,,,,,,,,
    tinggal rumus untuk nyelesain lapisan ketigaa,,,,,,,,,
    bagii infoo donk mas,,,,,,,,,

  110. azahra permalink

    saya ga tau caranya bisanya ngacak2 ja… please kasih tau caranya

    • christabel permalink

      kamu cari aja diwarnet tinggal tulis “video belajar rubik bahasa indonesia”

  111. gimana ya… supaya bisa emuin kunci2 rubik
    hanya kakak saya yang tau tapi dia jarang ngasih taunya,kasih tau dong gimana caranya please….!!!

  112. ari permalink

    ada di you tube caranya

  113. nuel permalink

    di youtube banyak kok tutorialnya,,,,,

  114. faizal permalink

    kakak gmn caranya ??
    sayah gg bisa terus…
    udah mau jadi ehhh malah ngerusak yg lainnya…
    jadi suka kesel banget….
    saking keselnya sayah suka marah” sama orang yg ngeganggu saya lagi main rubik

  115. Sentopo Paijo permalink

    hadeh… rubik..? hmmm.saya uda bisa mnyelesaikan rubik dalam 1 menit 27 detik,, padahal baru 2 hari belajar,, tenang aja pren,. semua itu ada “Formula” nya… wkwkwkwk
    ada yang mau..???

    • Encep Z. Muttaqien permalink

      Mau donk? bagi2 ilmunya. Trims sebelumnya.

  116. oktarina cute permalink

    rubik lagi rubik lagi…….. tmn2 q di skulah smua bsa main rubik tp knpa sy g bs?????????

    • linda caem permalink

      btul tu kt oktarina smua tmn2 q di kantor bsa cmua tp anehnya q g bs/???/????????

  117. Ahmad Faizal Iksan permalink

    saya belajar bermain rubik baru 2 hari yang lalu…awalnya rasanya otak mau lepas… tapi rasanya bahagia bisa menyelesaikan 2 rubik dalam waktu 4 jam!!!! sekarang tiap hari, dirumah, kantor,dalam waktu 2 hari saya bisa menyelesaikan 1 rubik dengan waktu <2 menit………masih ga ada apa-apanya dibanding yang sudah advance…(6-7 detik)…saluuuttt!!!!

  118. trik bermain rubik gmn?
    biasanya q liat di tv,dari anak2 sampai ordes semua maen kayaknya mudah,tapi…. :( :( :O :P

  119. shely permalink

    gmn sih rmuz rubik yg cpt,tp gk rumittt ea,,,,??????????? uddh liat ke bbrpa situs tp rumit2 rmuzz ny!!!!!!

  120. susah tu rubik

    • sinta emrina permalink

      kata siaoa rubik itu susah, buktinya saya dapat mnyeleseaikannya dalam waktu kurang dari 1 menit. lho tuh yang gak tahu main rubik!makanya belajar jangan malas. gimana bisa pinter kalau kamu malas.

  121. gmna tu cra’a kci tw dunk

  122. santy permalink

    ah mana caranya……………..cuman ngomong ajah

  123. Nuzul permalink

    Maen rubik gampang banget, gw bljar ja cuman setengah jam langsung bisa waktu tercepat punyaku 50 detik . . . Terus kalo 2×2 20 detik, 4×4 4 menit . . . Kalian dha coba lum rubik yg tengahnya bolong ? Waktuk 1 menit 25 detik, ckup hebat khan . . .

  124. amelia permalink

    ho’oh crane pyeeee?????

    ra isoh q huh

  125. munna permalink

    rumuse pie

    qhu rha Mudeng

    balas

  126. ardanuadang permalink

    tolo ajarin aku dong,susah banget

  127. telor kau permalink

    ksih tau lah pntex cra untk maen RUBIK….

  128. bagus permalink

    cepetan mas kasih tahu…. triknya

  129. ak bru 1mgu blajar udh bsa 2mnt29dtk…hehe

  130. zokha permalink

    berbagi… yuk ksini ada..:

    http://www.sofkhalbestgift.blogspot.com

    rumus rubik 3x3x3
    rumus rubik 4x4x4
    rumus rubik 5x5x5

    jika ada kesulitan posting aja di comment..
    Oke Bro..

  131. ayo lah tanding ma aq..
    gw bru 5 bulan maen rubik.
    skrg top speed udh berapa???

  132. irwan permalink

    susah bwanget coman jadi satu :(

  133. christabel permalink

    gue udah bisa tapi pakai cara step by step apa ada cara yang lain rekor gue 55detik tolong kasi cara cepat gue tunggu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  134. tunjukkan caranya untuk menyelesaikan rubick 3×3 dalam 1 menit 2

  135. Salam kenal bro,. Numpang mampir, hehe!, suka rubik juga ya?, Akhirnya, ternyata ada selain saya yang suka rubik di wordpress, hehe!, nice post bro,. mampir-mampir ya?, saya juga bahas rubik loo, hehe!, sharing2,

    http://cold4hands.wordpress.com/

  136. ksih tau donk mas……….akhoe gak bisa2 neh….

  137. VANJOEL permalink

    MUMET………………..PUSING

  138. zikriesh permalink

    jane ci mumet pi ger de pkr li ra

  139. yakin ngantek siki nyong ra isa ngrampungna layer terakhire

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: