Skip to content

Cedhak Kebo Gupak

April 24, 2009



Bagi yang tahu bahasa Jawa, dan pernah mendapatkan pelajaran bahasa Jawa, tentu tahu peribahasa ini:
Cedak Kebo Gupak

Apa maknanya? Cedak Kebo Gupak, terjemahannya adalah Dekat Kerbau Ikut Berlumuran. Artinya adalah, kita diminta berhati-hati bergaul. Karena dengan siapa kita bergaul, pengaruh pergaulan tersebut tetap akan masuk sedikit atau banyak dalam diri kita. Jika kita bergaul dengan orang sholeh, seperti anjuran agama, maka kita akan menjadi ikut sholeh. Jika kita bergaul dengan bajingan, kita bisa menjadi ikut bajingan. Oleh karena itu kita diminta berhati-hati dalam menentukan teman pergaulan, atau apapun yang bisa memperngaruhi kita. Ya, memang tidak semua bisa terpengaruh, dan tidak semua teman dengan pengaruh buruk itu buruk, ada baiknya. Namun alangkah baiknya jika ditinggalkan pada bagian-bagian buruk.
Nah, kapan kita tahu terpengaruh buruk atau tidak? Kita tidak akan tahu pengaruh buruk itu telah bersemayam dalam hati kita. Karena pengaruh yang buruk biasanya lambat laun akan membenarkan apa yang sudah kita lakukan. Nurani tidak lagi menjadi filter yang baik, karena nurani tersebut telah kotor. Filter saringan pembersih tersebut telah kotor, maka tak sanggup lagi melihat bersih atau tidak.
Untuk itu biasanya kita perlu masukan dari berbagai pihak, bagaimanakah diri kita saat ini? Apakah masih baik atau tidak. Pihak yang paling baik andak mintai adalah teman yang tidak biasa melihat anda, atau bahkan musuh anda.
Karena, biasanya ketika kebusukan telah melanda hati kita, terdapat satu ciri berbahaya:” Ketika kita tidak lagi bisa melihat hal yang salah sebagai hal yang salah, dan tetap dilakukan hal yang salah tersebut, dengan berbagai pembelaan retorika atau kepandaian bicara, maka hati kita telah mulai membusuk”

Cedak Kebo Gupak. Carilah kerbau yang bisa meng-Gupak-i hal yang baik.

From → Tak Berkategori

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: