Skip to content

Sampah itu bernama : www.aksi.web.id. Silakan diwaspadai

Februari 15, 2012
Tentunya, sebagai seorang netter yang rajin melihat timeline teman, dia melakukan like ke sebuah situs yang tidak begitu terkenal www.aksi.web.id. Situs tersebut jika dibuka di halaman depan, tidak akan memunculkan apapun. Hanya saja, situs itu memuat berita-berita yang urlnya di share di facebook. Url tersebut apabila diklik dan terbuka di browser, maka proses aksi dari web itu akan segera dimulai. JIka anda menutup web tersebut akan muncul konfirmasi yang jika diklik LEAVE akan masuk ke situs arahan pembuatnya, kalau ketika saya klik adalah : http://www.mutiara-hati.com/ Namun jika STAY, maka tidak akan melakukan apapun. Taktik yang digunakan oleh pembuatnya biasa dinamakan jebakan betmen.
Situs itu, kemudian memberikan navigasi ke situs sumbernya, dimana memang sebenarnya konseptor aksi.web.id tidak menyediakan berita dari dia sendiri. Hanya saja ketika di klik di sana, sebenarnya anda telah melakukan LIKE ke dalam page facebooknya. Jika anda sedang tidak login facebook, maka anda akan diminta login. Jika sudah login, maka anda otomatis akan meLIKE tanpa anda tahu apalagi suka. Maka, sudah barang tentu hal ini membuat kesal para pengunjung dimana otoritas di facebooknya dimanipulasi oleh orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya. Jika dimasa lalu kita pernah dengar situs sampah Jevuska yang memanfaatkan kemudahan layanan search engine Google, maka aksi.web.id ini adalah situs sampah memanfaatkan banyak layanan yang akhirnya jadi celah, di facebook. Sebenarnya tidak hanya situs ini saja yang melakukan penyampahan online, banyak. Namun untuk di lokal Indonesia, mungkin inilah yang cukup banyak.

Untuk apa dia melakukan ini? Jelas untuk mempercepat proses monetize dia yang sementara ini banyak dipasang adsense dari adsensecamp, sebuah situs adsense lokal.

Barangkali ada yang menemukan lebih lanjut tentang situs ini? Bagi yang paham dengan javascript tentu dapat membuka sourcenya untuk dilihat seberapa banyak cara mengelabui pengunjung. Anda terganggu? Silakan waspadai situs ini. Anda bisa juga memblock dengan berbagai macam plugins browser yang ada di internet.

Semoga berguna

Tambahan:

Dari fasilitas https://register.pandi.or.id/Index/whois/lang/id ditemukan bahwa user pemiliknya menggunakan username : voila1. User itu kemudian jika anda cari di Google mungkin dengan kata kunci seperti ini KLIK, dia juga menggunakan banyak domain seperti carubanku.web.id, ponorogoku.web.id, bima.web.id, voila.web.id dan lain lain yang akan diarahkan ke aksi.web.id. Blog lain yang bisa dibaca tentang pemilik situs ini adalah http://voilatech.blogspot.com/. Nah anda bisa mendapatkan bahwa link disana sebagian besar diarahkan ke aksi.web.id untuk menambah keuntungannya. Ya kita boleh mencari uang di internet. Tapi kalau mengelabui, sudah haram namanya.

Informasi lain tentang ini adalah :
http://kabarguru.blogspot.com (semua link akan diarahkan ke Like)

From → Tak Berkategori

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: