Skip to content

After #ngopikere

Mei 13, 2013

image

Salah satu yang saya sesali dari acara ini adalah saya gagal menjalankan rencana saya. Saya berencana memula diri seminggu sebelum acara,sehingga bisa ikut cawe-cawe dalam acara ini. Apa boleh buat jika ternyata kondisi pekerjaan dan kesehatan tidak mendukung rencana.

Acara ngopikere ini berkonsep sederhana. Memanfaatkan long weekend dan awal musim panas serta bulan baru,diadakan di sebuah desa yang masih murni,desa Donorejo, Kaligesing, Purworejo, di Perbukitan Menoreh perbatasan DIY Jateng, menjadi amat menantang sekaligus menyenangkan.

Acara ini dilaksanakan di kediaman kang Totok a.k.a @gunungkelir. Dalam acara yang dikonsep mirip kemah,segala proses diserahkan pada peserta,justru membuat keakraban tanpa batas kasta. Siapapun berhak membuat kopi sendiri, ambil nasi sendiri, nyate sendiri,tidur cari tempat sendiri,mau di lantai atau di dome. Tidak ada seminar apalagi acara mencitrakan diri. Yang ada, acara budaya yang menegangkan seperti jathilan,wayangan hingga olahraga seperti susur gua.
Model event seperti ini tentunya akan membawa kesan tersendiri bagi para peserta. Kopi dari Aceh hingga Papua ada. Bahkan ada juga peserta yang menyediakan diri membudayakan kopi asli giling.

Meski acara dikemas kere,namun bergelimang bandwidth yang lumayan kenceng. Segala acara juga dibroadcast di joglo TV termasuk acara perform penampilan musik oleh para peserta.

Mungkin akan terlalu panjang tulisan jika akan dituliskan. Justru mungkin akan dituliskan dalam beberapa bagian tulisan sesuai kategori budayanya. Satu harapan adalah adanya keinginan mengadakannya di kota saya. Wonosobo. Entah kapan…

From → Coretan

2 Komentar
  1. Wuihh…cadas!
    Kalo ada event #Ngopikere pengen ikut nih.

    • akan selalu ada mas.. karena #ngopikere memang akan dilestarikan untuk semua komunitas, tidak hanya blogger, tapi seluruhnya. Petani, gerakan desa, musisi, budaya, semua ada🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: