Skip to content

Ayo Mainkan Ide ke Ciptamedia.org

Februari 8, 2014

Anda memiliki permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari? Apakah permasalahan itu berkaitan dengan pertanian, kemasyarakatan, hasil bumi, buruh, dan kemanusiaan? Kali ini http://ciptamedia.org memberikan ruang untuk beradu ide secara positif dalam suatu acara Hibah. Secara iseng, saya juga tadi telah melakukan pengiriman ide melalui form yang telah disediakan. Hasilnya : inilah ide yang saya ungkapkan..

Tema yang saya angkat tersebut ada di URL : http://www.ciptamedia.org/063/ , dengan Judul :

Gateway Estafet Angkutan Hasil Bumi

Ide ini muncul dari seorang teman yang menceritakan keluhan seorang pengemudi truk pengangkut barang yang berasal dari Wonogiri menuju Bengkulu. Sopir ini seringkali pulang dengan truk kosong setelah mengantarkan sampai Bengkulu. Jika pulang langsung maka beresiko dengan borosnya solar tanpa angkutan. Namun menunggu barang angkut balik selalu tidak pasti. Sementara saat pulang dan melewati Merak, dia mendapat informasi, sebenarnya selalu ada barang angkut balik, hanya saja informasi yang tidak ada.

Ide saya ini sederhana, menyajikan sebuah media gerbang informasi yang memungkinkan para pengemudi dan pelaku usaha transportasi. Seorang pengemudi yang membawa salak dari Jogja menuju Aceh, dapat dengan mudah mencari Truk Relay di pelabuhan Merak yang mungkin mereka butuh kembali tidak kosong. Jadi si pengemudi Jogja hanya mengantar sampai Merak, dan bisa langsung mendapatkan informasi barang angkut balik ke Jogja. Sementara dia masih dapat melakukan kontrol barang yang semula menjadi tanggung jawabnya dengan media yang dia pegang : Telepon selular.

Diharapkan dengan digunakannya aplikasi ini, dapat mengurangi waktu kerja dan jarak tempuh pengemudi truk yang tentu akan menurunkan ongkos operasional. Dengan turunnya biaya operasional, harga barang-barang angkutan diharapkan dapat turun, sehingga sekian persen dapat menurunkan harga barang, namun tetap bisa memberi harga jual para petani secara manusiawi. Aplikasi ini, dirancang dengan menggunakan protokol web dan sistem SMS Gateway. Aplikasi mobile yang dikembangkan akan melalui proses transfer data menggunakan metode web service, mengingat jaman sekarang hampir tiap orang terutama pengemudi kendaraan angkutan barang, pasti membawa alat komunikasi telepon seluler.

Itu sekelumit dari ide saya. Mau berbagi ide? Silakan daftar sendiri.. Atau jika tidak, bolehlah mendukung ide saya http://www.ciptamedia.org/063/

Siapa tahu berguna bagi bangsa ini

 

gambar diambil dari https://fbcdn-sphotos-f-a.akamaihd.net/hphotos-ak-snc6/283750_4270160080584_1554062547_n.jpg

From → Coretan

2 Komentar
  1. mantap idenya, mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: