Skip to content

Reaktif vs Kreatif – Cerita Kita yang Semakin Bodoh

Januari 23, 2015

Beberapa waktu ini saya mulai melihat lagi blog-blog saya yang terlantar akibat tak pernah diperbaharui. Kemudian saya periksa lagi isi twitter saya. Kemudian ke facebook saya juga. Tak lupa saya menyambangi blog-blog atau backup blog teman-teman saya. Saya pun tak lupa menyambangi twitter mereka.

Dari beberapa yang saya temukan itu, akhirnya saya mendapatkan hipotesa, bahwa semakin hari kita semakin bodoh. Kita hanya semakin pandai bereaksi atas apa yang terjadi di sekeliling kita, apa yang terjadi. Sementara kita melupakan apa yang jadi tanggung jawab kita. Tak lagi pernah berkreasi, tak lagi pernah membangun sesuatu yang baru, semua tinggal bereaksi atas opini-opini diri. Semua orang jadi ahli politik, semua orang jadi ahli agama.

Yang untung adalah, siapa yang membisniskan media yang kita gunakan ini. Media berita, ISP, Seluler dan lain sebagainya. Blog, media jejaring sosial, akhirnya hanya berisi caci maki, postingan narsisme, isu selebritis, pencitraan diri bahwa dirinya hebat, dirinya didzalimi dan segudang content seperti itu.

Pada akhirnya memang saya lihat. Terutama setelah pilpres ini, bangsa Indonesia yang saya kenal, jauh lebih dungu, lebih primordialis, lebih egosentris, hanya bisa bereaksi, menyalahkan pihak lain, konsumtif, dan jauh dari kreatif.

Lantas kapan kita akan membangun..

From → Tak Berkategori

5 Komentar
  1. Sedih ya liat keadaan bangsa kita sekarang…

  2. lagi belajar jaga jemari biar nggak ikut2an😀

    • Saya yakin. Bang jampang adalah orang yang konsisten pada tulisan tulisannya tanpa terpengaruh apapun. Lanjutkan bang

Tinggalkan Balasan

