Skip to content

Penipuan Paket Kuota Indosat Super Internet

Juni 7, 2015
“Penghilangan fungsi UNREG adalah kejahatan”

Saya menggunakan paket internet Indosat sudah sekitar 3 tahun, sejak tahun 2012. Selama itu, saya menggunakan paket Unlimited. Selama itu, ya lumayan saja penggunaannya. Saya memang sering rewel tentang jaringan. Sering juga paket saya matikan dan saya switch ke Telkomsel As saya, karena bagaimanapun Telkomsel memang jaringan lebih luas, meski dengan hitungan lebih mahal. Proses pindah layanan biasanya saya lakukan saat saya tugas di daerah lain, seperti di pulau Sumatera, Sulawesi dan lainnya. Kadang juga saat jaringan di desa saya, atau di kota kerja saya, Indosat down, meski ada di dekat tower atau kantor indosat itu sendiri. Condongcatur Yogyakarta misal. Di Taman Kuliner, Condongcatur, Sleman DIY, bersebelahan persis dengan kantor indosatpun, jaringan bagus, dapat kualitas 3G. Tapi tidak bisa terhubung kemana-mana. Jadi 3G hanya network local antar Indosat saja. Selebihnya pembohongan publik.

Pada sekitar bulan Mei 2015, saya mencoba paket kuota yang katanya berkapasitas 8GB. harganya lumayan, Rp 39.900,00. Saya mencobanya. Setelah saya melakukan registrasi, dalam beberapa jam, ternyata saya mendapatkan notifikasi bahwa paket saya tersisa seperti berikut:

“Sisa KuotaUtama 550.0MB, SisaBonus: 2.7GB Jam01-06, 977.0MB Jam09-17 & 3.7GB SuperWifi. Beli Extra:*123# atau http://instant.indosat.com”

Jadi Kuota utama sebenarnya sangat kecil kapasitasnya. Indosat menembak pelanggan pada jam-jam sibuk. Kuota utama diarahkan pada jam sibuk. 2.7 GB dikumpulkan pada jam saat orang-orang tidur, dan kondisi internet tidak digunakan. Sialnya angka terbesar, 3.7 adalah angka yang tidak murni seluler. Kita bahkan kelak tidak pernah faham bahwa kuota 8GB misal ternyata sepenuhnya adalah SuperWifi, dimana hanya diakses dalam jaringan Hotspot Indosat belaka. Itu adalah salah satu jebakan.

Tanggal 6 Juni, Kuota Utama saya telah mendekati habis. Saya pun berusaha mengubah paket internet menjadi unlimited lagi. Ternyata kasusnya seperti gambar berikut:

Muncul SMS : Anda masih terdaftar di paket Super Internet Kuota Rp 39.900/30hr..dst

Saya diminta untuk melakukan UNREG dari paket lama saya, yaitu paket KUOTA. Saya pun melakukannya. Tapi sialnya, pembohongan yang sebenar-benarnya dilakukan kembali. Saat saya melakukannya balasannya adalah seperti berikut:

SMS : Anda belum terdaftar di paket Super Internet.. dst

Sayapun mencoba cara lain yang disediakan oleh indosat, yaitu dengan cara melakukan pemanggilan USSD *123#. Saya pun memilih menu Superinternet, dan sub menu Status dan info. SMS yang ada adalah, bahwa saya masih terdaftar dalam paket Super Internet indosat. Saya mencoba memilih menu lain dari *123# -> Superinternet-> Berhenti berlangganan. Hasilnya adalah sms kembali:

SMS : Anda belum terdaftar dalam di paket Super Internet..dst

Kemudian saya mencoba melakukan checking penggunaan melalui keyword USAGE. Jawabannya adalah:
SMS : Anda terdaftar di Paket Super Internet kuota..dst

Screenshot_2015-06-07-06-05-03

Screenshot_2015-06-07-09-15-14

Akhirnya saya berusaha menghubungi customer Service Indosat yang ada di twitter akun @indosatcare. Sayangnya disana seperti biasa, pelanggan hanya akan ditangani bot mesin penjawab, diakhiri dengan karakter-karakter seperti ^IL ^RR dan lain sebagainya, yang tidak diperlukan oleh pelanggan. Saya pun diminta memberikan nomer alternatif, sayangnya tidak melalui DM (Direct Message). Sedangkan Twitter saya yang tidak diproteksi adalah terbaca publik. Saya memilih mengirimkan lewat DM. Dan, tidak ditanggapi.

Kemudian, tidak puas, saya mencoba telepon ke 100. Disana saya diminta menunggu beberapa saat untuk pemeriksaan data. Bagus sih, nama saya langsung dikenal. Tapi, akhirnya jawaban akhirnya adalah : “saya diminta menunggu dengan waktu maksimal 3×24 jam, dan sudah dibantu melaporkan” (Lho bukannya saya itu sudah laporan, dan laporan saya dilaporkan lagi, dan laporan dari laporan saya entah dimasukkan mana lagi ndak jelas). 3×24 jam adalah masa yang bagus untuk indosat mengambil keuntungan via internet menggunakan pulsa reguler (1.5 rupiah perkb). 3×24 saja juga sudah tidak butuh, karena diluar hari libur saya mendapatkan fasilitas internet gratis di berbagai macam kantor yang saya datangi.

Kesimpulan saya adalah, kata 8GB adalah penggiringan asumsi pengguna bahwa 8GB itu digunakan secara biasa siang malam, dan dengan menggunakan internet seluler sepenuhnya. Namun yang terjadi tidak seperti itu. 8GB tersebut adalah 3.7GB harus lewat Wifi Indosat. 2.7GB jam 01.00 – 06.00. Sementara jam produktif pengguna (meski pengguna pasif internetan, tapi kiriman file whatsapp tetap berjalan bukan), kita akan tersisa 1.6 GB yang sekitar 900an MB ada di jam 9-17. Kuota Utama, ada di jam 06.00 – 09.00, dan jam 17.00 – 01.00. Yang lebih bagus lagi adalah, bahwa pengguna tidak dapat melakukan UNREG lagi semenjak menggunakan paket ini. Saya khawatirkan, Indosat telah berusaha mencari keuntungan dengan jebakan seolah-olah error UNREG, yang padahal memang tidak dapat di UNREG. Jikalau harus melalui mekanisme Customer Service, toh Indosat sudah untung sekian persen dari 3×24 jam, dikalikan jumlah pengguna terjebak.

Tulisan ini, saya buat agar teman-teman waspada dengan segala macam paket yang sepintas besar kuotanya. Pastikan bahwa paket itu dapat diunreg. Sebenarnya, merupakan pelanggaran berat bahwa sebuah layanan tidak dapat di UNREG. Kebetulan saya pernah bekerja dalam layanan Content Provider, dan justru dari pihak Operator Seluler meminta agar layanan selalu disertakan dengan layanan UNREG. Tulisan ini juga saya buat agar semoga rekan-rekan dalam bekerja, tidak dengan mudah makan uang yang tidak menjadi haknya. Memeras pulsa melalui “tidak dapat diunreg” pun sudah cukup dengan “mencari rupiah dengan cara haram”

Sepertinya bukan saya saja yang pernah tertipu, karena di bagian mention twitter saya, juga ada seorang rekan yang menjelaskan 12 tahun dia menggunakan Indosat, dan bulan ini dia memilih UNREG. Belum lagi posting yang terdapat di Forum-forum dan blog. Oh ya, sebagai informasi, kondisi jaringan buruk, itu akan menambah cepatnya kuota kita. Mengapa? Karena kita akan melakukan banyak refresh koneksi, baik saat browsing ataupun lainnya. Refresh itu juga dilakukan juga oleh software aplikasi mobile kita.

From → Coretan

13 Komentar
  1. Jahat banget cara berbisnisnya Indosat. Suwun infone, mas.
    Aku juga hampir tergoda dengan tawaran 8Gb. Untungnya gak jadi beli, karena paket internet dari provider lain masih banyak sisa kuotanya saat itu.

    • Sama-sama Mas Iwan, semoga sih tulisan ini bisa jadi alat perbaikan untuk mereka. Sebelum itu saya menggunakan paket Unlimited, sepertinya jarang masalah selain masalah jaringan. Dan ternyata, hingga saat ini, saya belum dapat melakukan UNREG sama sekali. Padahal, itungannya, saya akan pindah paket 100K. Ya harusnya mereka merasa untung karena paket bonus 3.7 dan 2.7 GB tidak saya gunakan, dan saya beralih ke paket yang lebih besar nilai nominalnya. Ya tapi mungkin karena mereka mengejar paket pulsa reguler

  2. kalau melihat informasi lengkap di webnya seh diberitahu alokasi 8 GB itu di jam berapa aja. saya dari awal pake provider ini… cuma yang 3 GB. yang 24 jam cuma 600MB dan yg tengah malam sampe pagi 2,4GB
    alhamdulillah lancar2 aja. pernah unreg dan berhasil terus daftar lagi.

    • Syukurlah jika sukses. berarti kemungkinan saya yang sial. Sebelumnya memang saya pelanggan paket Unlimited. Tergiur saja yang 8GB. Kebetulan saja aktivitas saya banyak memakan kuota utama.
      Indosat memang agak cerdik (sinonim licik) dalam mencari keuntungan. Memang jam 9-17 itu ada paket bonus, dan jam produktif. Tapi Indosat tau, saat itu orang orang menggunakan wifi di kantor dan sekolah.
      Jam 6-9 pagi orang masih di rumah dan ramai menggunakan inet seluler. Begitu juga jam 17-jam 12 malam. Dan saya memang mencoba, selanjutnya memilih menggunakan paket internet unlimited. Tapi itu gagal dilakukan.

  3. saya gak mau lagi pake indosat. kena tipu pas bundling dengan tab. janji setahun, tapi baru 2 bulan sudah tidak bisa dipake dan harus daftar ini itu.

    • Ada lagi sih mas Tiar yang saya kadang sesalkan. Tiba-tiba muncul SMS semacam ini : “Anda belum terdaftar dalam paket Super Internet dst..” padahal sudah terdaftar. Informasi seperti ini berbahaya bagi orang yang tidak tahu. Meskipun nanti saat mendaftar lagi, akan diarahkan ke unreg dulu.
      Untuk kasus diatas sampai sekarang saya juga tidak ada follow up teknis.🙂 Bagus sekali.

  4. saya juga pakai paket super internet kuotanya indosat mas, selama ini alhamdulillah ga ada masalah, kemungkinan karena saya jarang online.. jadi ga ngelebihin kuotanya sepertinya

  5. Baru aja kejadian gitu, pas mau beli paket extra muncul sms “anda tidak terdaftar di paket apapun bla bla bla” nyeseeek 😡

  6. Iwan permalink

    Punya saya yg 5GB ludes gara2 berhenti langganan itu.. Awalnya saya beli kartu 3GB untk masa 3 bulan, sblum 3bln paket saya habis, trus mo isi yg 5gb terus perintahnya disuruh berhenti langganan, krn nunggu sms brhenti langganan pertama kelamaan saya sms lg untk ke 2 kali, stelah itu bru sms berhenti langganan masuk. setelah itu paket 5gb dibeli.. ehh,, abis masuk paket 5gb malah ada sms nyusul: “Anda telah berhenti langganan paket 5GB, dst..” jadi ancurlah…

  7. Hadi permalink

    kalo saya rumah saya tepat dibelakang gallery indosat dengan antena wajan full bar….lalu tiba2 superwifi nya dikatakan(lewat twitter DM) berhenti operasional maksudnya apa juga ga jelas, kalo perbaikan masa sih sekelas indosat lama banget nge fix nya pantesan bangk***t pada lari semua gara2 pelayanan semaunya sendiri….

  8. Dafa Naufal permalink

    Saya agak bingung sama Indosat sekarang, barusan saya beli paket 28 GB, ketika dipakai ga terhubung internet. Cek kuota melalui sms, kuotanya masih terdaftar 8 Gb, konsultasi di Twitter, katanya kuota saya tidak ada.

Tinggalkan Balasan

