Skip to content

“Kapan Sinabung akan Berhenti Erupsi?” Catatan mbah Rono

Juli 3, 2015
Mbah Rono, atau Pak Surono, telah memberikan pernyataan tentang erupsi Gunung Sinabung yang belum berhenti hingga kini. Dalam catatan beliau, masa erupsi ini sudah berlangsung sekitar 1.5 tahun.
Mbah Rono ini benar-benar kuncen bagi masyarakat gunung-gunung se Indonesia. Cara pandang yang menggunakan ilmu pengetahuan dan ilmu empiris alamnya, membuatnya jauh lebih akurat dalam meramal kejadian alam. Disamping itu, ilmunya berhasil membuat masyarakat mau menerima kejadian alam tersebut, ,memberi harapan, dan tanpa menakut-nakuti, dan tanpa memberi janji. Memberikan cara berpikir beralih fokus pada hal yang lebih penting juga tersirat dalam pernyataan beliau.

Tugasnya dalam melindungi masyarakat dari bencana yang lebih besar juga pernah dilakukan. Saya masih ingat jaman erupsi Merapi 2010, beliau mengatakan seperti berikut:”Saya jelaskan pada TV One, bahwa KRB (Kawasan Rawan Bencana) 10 KM itu berbeda dengan Jalan Kaliurang KM 10″. Sebelumnya seorang reporter TV One dengan nada terengah-engah di area Jalan Kaliurang memberitahukan bahwa awan panas telah mencapai jalan Kaliurang KM 10. Hal itu menimbulkan kepanikan warga, dan seorang warga tewas dalam kecelakaan lalu lintas dalam suasana hujan abu.

Berikut ungkapan pak Surono dalam Facebooknya yang beralamat di https://www.facebook.com/surono.surono.104

Sedangkan pernyataan beliau tuliskan di : https://www.facebook.com/surono.surono.104/posts/1885394618352444

Banyak pertanyaan kapan G. Sinabung akan berhenti meletus, walau saya bukan peramal, tp ini penting untuk membuat rencana penanggulangan bencana scr tuntas, maka terpaksa cari dan baca paper orang pinter “The Association of Lava Dome Growth With Major Explosive Activity (VEI>=4): Dome Haz, Global Dataset” ditulis “S.E. Ogburn, S.C. Loughin (scr pribadi saya kenal) and E.C. Calder” dari “Bull. Volcanol (2015) 77:40. Sengaja judul paper tsb saya sajikan, krn banyak yg bertanya penuh keragukan kpd saya ttg prediksi lama letusan G. Sinabung yg saya sampaikan dan dikutip media. Saya menyadari keraguan orang2, krn hal tsb disampaikan hanya oleh saya, kulit coklat dan hidung rata. Paper menyebut: untuk tipe erupsi dgn pembentukan kubah dan awan panas guguran, setipe dgn Sinabung, Probabilitas akan berhenti < 1 tahun 64%, 1-5 thn 29%, 5 – 10 thn 3%, 10-15 thn 2% lebih dr itu ~ 1%, dari conto 397 gunungapi di dunia. Untuk tipe erupsi spt Sinabung, probabilitas erupsi dgn VEI 0 – 3 adalah 90 % sedang untuk VEI ~ 4 (setara besarnya erupsi Merapi dan Kelut) hanya 10%.
Krn letusan Sinabung sdh lbh dr 1.5 thn, maka yg terdekat 1 ~ 5 thn, dgn probabilitas yg 64 + 29 = 93 % atau probabilitas erupsi G. Sinabung akan berhenti kurang dr 5 tahun adalah 93% (itu tertulis dlm presentasi dan saya bertanggung jawab). Kurang dr 5 thn artinya bisa 2, 3, 4 dan maksimum 5 thn. Saya menghitung letusan G. Sinabung mulai akhir 2013, artinya sdh berlangsung lk. 1.5 thn, jika lama erupsi 2 th (sisa 6 bulan lagi), jika 3 thn (sisa 1.5 thn lagi), dst jika 5 thn (sisa 3.5 tahun). Krn menyangkut kehidupan manusia, dari data pengamatan G. Sinabung, dr paper tsb, saya ambil risiko terburuk, lama ketusan G. Sinabung maksimum 5 th, artinya masih ada waktu 3.5 th lagi. Apakah itu tepat? Saya tdk jamin tepat, krn hasil dr contoh empiris dr kejadian erupsi 397 gunungapi di dunia dan dari data pengamatan G. Sinabung yg saya tdk ketahui 1 hingga 2 tahun kedepan. Namun itulah pegangan saya (krn saya bukan dukun peramal gunungapi meletus) agar bisa jawab pertanyaan ttg "berapa lama lagi erupsi Sinabung". Berdasarkan paper yg sama probabilitas erupsi dgn tipe spt G. Sinabung VEI 0 ~ 3 adalah 90%, sedangkan Probabilitas VEI ~ 4 (setara erupsi Merapi dan Kelut) hanya 10%. Berdasarkan dari data terkini dan paper tsb, erupsi Sinabung dgn VEI 0 ~ 3. Artinya, letusan G. Sinabung TIDAK akan membesar, namun akan berhenti dalam jangka panjang, KURANG dari 5 tahun. Bagaimana jika hal tsb diatas salah? Bagi saya, lebih baik saya salah berdasarkan scientific dari pada saya ragu dan tdk ambil keputusan sama sekali yg dpt digunakan sbg acuan tindak sektor lain dlm penanggulangan bencana erupsi Sinabung. Bila saya salah, erupsi Sinabung lbh cepat dr 5 tahun, akan lbh baik bagi semua pihak. Dari semua keputusan itu, yg lbh penting adalah penyelesaian scr menyeluruh relokasi masyarakat yg terancam bahaya erupsi Sinabung. Demikian jawaban saya, jika ada hal2 yg tdk berkenan, mohon dimaafkan, tks atas perhatiannya. Salam hormat, Surono / Mbah Rono

Dengan membaca pernyataan di atas tadi terbaca sekali bahwa beliau selain ahli Geologi, beliau juga ahli dalam Risk Management dan Mitigasi.

From → Coretan

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

