Skip to content

Merapi, Jalur Evakuasi, dan Truk

November 18, 2015

Egois, mungkin rasa pemicu saya untuk menuliskan ini. Mbokan karena jalan berangkat kerja saya terganggu. Beberapa bulan lalu jalan ini masih amat lancar, indah, dan sepi. Sangat nyaman melalui jalur ini. Saya biasa melakukan perjalanan via : Ngampel, Pantaran, Ngagrong, Senet, Selo, Klakah, Tlogolele, Sengi, Muntilan. Jalur ini kemarin amat saya rekomendasikan untuk dilalui sebagai perjalanan wisata.

truksenet8

Jalan Ngagrong pas indah

Syahdu ya? Dari tempat ini bisa melihat keindahan gunung Merbabu dan lerengnya yang amat luas itu… Melihat petani yang nyaman dengan garapan tanamannya.. Ikut ayem.. Pa meneh pas jalan, rintik hujan kecil memendar mentari menjadi bianglala.. gandem tenan.. Kudanan ya rela bae..

trukmerapi5

Senet pas indah..

Tetapi, segalanya berubah, setelah negara tanah menyerang…😦
Tiap harinya ratusan truk material pasir Merapi melintasi daerah ini. Mbuh kenapa kok pada lewat sini..
trukmerapi1

Cuma tulisan.

Pemerintah Boyolali, melalui PU nya ya cuma bisa memasang tulisan β€œHati-hati, jalan berlubang, dan tebing rawan longsor” Kok nggak terus dibatasi ya? Pernah saya tanya seorang warga daerah sana : β€œBu, itu truk sini?” Jawabnya : β€œEalah mas, mugi sedaya paring slamet kalian Gusti Allah, niku truk Semarang sedaya”

trukmerapi2

Truk dilarang lewat?

Lebih dagelan lagi, Jembatan Selo runtuh sebagian di bulan Februari 2015 akibat hujan lebat terus menerus. Selama masa perbaikan, truk dilarang lewat. Namun kenyataannya, beberapa jepretan saya mendapatkan fakta bahwa TRUK BERMUATAN melaluinya. Pak Ganjar Pranowo dan Bina Marga Jateng saya mention lewat twitter ya tidak menjawab dengan memuaskan. Malah dijawab perkara pembebasan lahan. Pembebasan lahan karena perluasan jembatan itu nanti dulu.. Ini truk mau tetep boleh lewat po? Lha kiye mengko longsore tambah.
Nah, akibatnya jalan indah itu telah menjadi macam ini. Saya tidak merekomendasikannya lagi, kecuali panjenengan-panjenengan itu menggunakan motor trail ke sini.

truksenet

Truk Pasir, Senet

truksenet9

Truk Pasir, Senet

Yes, lumayan kalau jalan ini bisa digunakan untuk tandur lele saja sekalian.

trukmerapi3

Kubangan Truk

truksenet7

Jalur Ngagrong – Selo

Truk-truk di gambar atas itu, saling membuat lubang. Ancang-ancang dalam kondisi nanjak, terus kalau ndak kuat, mundur lagi. Sampai sak jebol e dalan. Okey, baleni maning buosss!.
Besoknya mereka cari jalan lain yang bisa dilubangi lagi, yang masih mulus.. Fakta lapangan membuktikan, semua perusakan lingkungan, melibatkan warga sekitar yang entah jadi preman pungli atau lain sebagainya. Jika ditanya : β€œkok kendaraan galian boleh lewat sini mas?” Jawabnya simple : β€œterus lewat endi mas”.. Mabur!

truksenet6

Jalan Senet – Selo

Kira-kira kalau malam-malam ada seorang ibu akan melahirkan, bagaimana ya lewat jalan macam ini? Nah kalau sudah gini.. kira-kira pemerintah baru sadar setelah ada kejadian bencana di sana.. Padahal kita semua tahu, siklus empat tahunan Merapi telah lewat. Seharusnya kita semua waspada. Atau justru musibah terjadi karena longsor dan banjir bandang akibat ulah truk yang lewat sana itu?
Tapi, as.. embuh.. ini sekedar ingin mencurah uneg-uneg sekitar saya. Saya nggak perlu post tentang Prancis, Palestina, Lebanon, Suriah dan lain sebagainya. Nyong ra dhong. Saya cuma tahu apa yang di hadapan saya ini..
Terus ada yang bilang lho β€œlah sok peduli”.. Nggak sok peduli keprige? Wong ini jalan saya tiap pekan berangkat kerja..

hmm.. wis ah.. muga sesuk minggu ngarep dalan e wis apik.. *ngimpi*

From → Coretan

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: