Skip to content

Matinya Telkom Hari Ini

Februari 29, 2008

Sudah hampir satu bulan ini kantor saya menggunakan fasilitas Internet Telkom Speedy. Alhamdulillah selama ini lancar-lancar saja, kecuali kalau pas siang hari bisa nge lag lumayan. Tapi masih lumayan jika dibandingkan dengan menggunakan koneksi sebelumnya yang “gratis” tapi bisa makan ati. Dengan koneksi ini dilengkapi dengan ip Public, saya makin senang dan betah mencoba-coba, sok riset-riset dan punya segudang mimpi yang bisa di realisasikan di server saya ini.

Pagi ini saya bangun tidur kesiangan karena keenakan tidur semalam hujan amat deras. Begitu berangkat berhujan-hujan, sampai kantor saya dapati, browser dan YM abadi saya (karena ndak pernah offline) mati juga.. Wew ada apa ini? Mulailah saya melihat seluruh power supply dadi server saya, kemudian ke modem, berikut dengan indikator ADSL dan LAN. Semua lancar… Ping telkom.. tidak ada delay.. dan langsung saya coba browsing dengan membuka situs luar dan lokal. Blaik.. jebul Telkom Speedy mati ke link Internationalnya.. Langsung saya coba SSH ke beberapa server berbasis koneksi telkom seperti Inherent, Astinet, dan Speedy lainnya. Ya.. Ternyata setelah saya buka link PPTIK UGM, MRTG saat itu, disitu terlihat aneh. Yang biasanya rata flat hampir 30 Mbps, tiba-tiba mati tak berkutik di angka bawah.. Rata bawah.. Telkom mati!

Ternyata info dari teman saya di ISP juga menyebutkan bahwa FO telkom putus di daerah Sumatera, yang memang saat ini saya juga tidak bisa melakukan akses situs/host-host di daerah Sumatera, seperti USU, UNP dan lainnya. Kabarnya baru mau sampai jam 11.30 baru selesai penyambungannya.

Nah gimana ini? Multiply, WordPress, YM, Gmail dll wedew….. mati juga..

Tiba-tiba teringat kejahatan-kejahatan saya di masa lalu mencuri-curi koneksi di suatu tempat.. Dan saya pun ingin mengimplementasikan itu dengan cara yang halal. Koneksi internet lokal saya pun akhirnya saya  lempar ke suatu server di IIX yang memang statusnya memang milik kam. Dan disana, memiliki alternatif routing yang berbeda dengan telkom. SSH sebentar, ketik

program/squid/sbin/squid -z

program/squid/sbin/squid -D

Dan set preferred proxy di browser dan messengers… Yup koneksi pun menyala. Sekarang masalahnya adalah.. Sampai kapan kita bisa seperti ini? Semoga pak-pak telkom dapat segera menyelesaikan masalah ini. Kasihan orang yang berspeedy ria seperti di Barama.. Yang harus menunggu koneksi lancar kembali.. Ayo telkom ayo, tambahi bandwidth !!!!

From → Tak Berkategori

4 Komentar
  1. kauuuu…adalah penjahat koneksiii…tak tangkap kauuuu

  2. Owalah nduk.. khan sampeyan yo melu memanfaatan

  3. wehehe… hajar wae kakak rey… :p
    ra sah duren padang.. mentahe wae hehe
    diterima dengan tangan terbuka kok :))

  4. wedew
    Hobine do OOT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: