Lanjut ke konten

[Artikel] Apakah Anda Buta Warna?

Juni 17, 2008

Anda tentu pernah melihat seperti ini:



Gambar di atas adalah gambar test buta warna. Namun sebenarnya apakah buta warna itu? Setelah melihat dari berbagai artikel, ternyata buta warna bukanlah suatu penyakit, ataupun kebutaan. Namun memang suatu kelainan filter mata yang akhirnya memiliki efek berbeda dalam penerimaan suatu warna tertentu. Efek ini juga berakibat bahwa orang tersebut tidak dapat membedakan warna satu dengan warna lainnya. Jenis buta warna juga sangat berbeda-beda, bahkan juga jenis warna yang tidak dapat dibedakannya.

Ada beberapa web yang menampilkan hasil simulasi untuk buta warna:




Gambar sebelah kiri menunjukkan gambar testing buta warna. Sedangkan sebelah kanan menunjukkan simulasi jika seseorang memiliki kelainan filter mata alias buta warna. Berikut gambar-gambar simulasi yang lain





Untuk beberapa kondisi, buta warna dapat menyebabkan resiko lain. Seperti untuk reaksi kimia, sistem permesinan atau bahkan sistem lalulintas seperti di bawah ini:



Sekarang silakan anda dapat melakukan test buta warna dengan gambar awal yang dicantumkan ulang:



Pertanyaannya: Angka berapa saja yang muncul di situ? Hati-hati, karena dalam beberapa test terdapat angka yang hanya dapat dibaca oleh orang yang memiliki kelainan buta warna

http://critiquewall.com/2007/12/10/blindness
http://www.news.com.au/perthnow/story/0,21598,23544790-5014324,00.html

From → Tidak Dikategorikan

13 Komentar
  1. horeee … aku gag buta warna

    tapi aku buta nama warna je ohm,
    biru ndog bebek, ijo lethong, dll ngunu kuwi piye ?

  2. @ paydjo.net: horeee … aku gag buta warna

    tapi aku buta nama warna je ohm,
    biru ndog bebek, ijo lethong, dll ngunu kuwi piye ?

    Suk nek dicekel polisi : Lho la pak, tadi pas saya lewat lampunya pas IJO LETHONG JE PAK..
    Rak mak Peng dikampleng pak P****i

  3. lha itu uda ada jawabane di samping, angka2ne..
    hahahaha..
    mumet jg, nggawe lieur.. pas tes masuk kuliah dulu pake tes buta warna jugag, kayak gini..

  4. hahah.. memang aku lagi ngerti malah nek jejere ono jawabane 😦 berarti buta angka yo aku

  5. bikin script php nya mas, kayak ujian, biar pengunjung bisa test buta warna online

  6. iday permalink

    alow….
    ada yang tau gak apakah penyakit buta warna itu dapat di sembukan ………
    kalo ada yang tau tolog hub aku di e-mail aku yach
    niiich_gw@yahoo.com
    makasih ata bantuannya yach

  7. van permalink

    da yg pny buku tentang buta warna…..

  8. Barok nurli permalink

    Ada obat nya kq.

  9. nophie permalink

    wah gampang,,,
    alhamdulillah, gag buta warna…

  10. nurul permalink

    syukur deh q gak bta warna,,, krna q mau ngelanjutin kuliah dan itu salah stu syaratx.

  11. danang permalink

    taaaaaiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    gara” ini w ga d terima kerja… bangsat………..

  12. sparta permalink

    gw buta warnaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  13. Paijo permalink

    Ga apa2 buta warna,yang penting ga buta huruf……………..

Tinggalkan komentar